Begundalz

KOMUNITAS 5 BEGUNDALZ dari Universitas Negeri Surabaya

Jumat, 10 Juni 2011

Sastra sebagai Rekayasa Bahasa

     Bahasa adalah sesuatu yang teramat penting keberadaannya bagi manusia. Dengan bahasa manusia dapat berkomunikasi satu dengan yang lain, baik komunikasi lisan maupun tulis,termasuk di dalamnya sastra dan bukan sastra.
     Sastra tidak tidak dapat dilepaskan dari bahasa sebab bahan pokok sastra adalah bahasa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sastra tidaknya sebuah karya sastra amat bergantung pada kemampuan pengarang dalam menggunakan bahasa. sastra terlahir dalam kepentingan dan fungsinya untuk berkomunikasi. karena bahasa adalah alat komunikasi yang efektif maka sastra yang merupakan buah karya pengarang juga disampaikan dengan bahasa.meskipun ada hal yang sangat rumit dengan persoalan bahasa dalam karya sastra ini, namun kekhasan bahasa sastra menjadi bagian yang penting dalam pembicaraan sastra.
      Teks sastra sebagai realitas atau model yang dihadirkan kepada pembaca, didalamnya pastilah sudah berpotensi komunikatif. pemilikan potensi tersebut ditandai dengan digunakannya lambang kebahasaan didalamnya. lambang kebahasaan dalam teks sastra, sebagai sesuatu yang hadir melaluinmotivasi subjektif pengarang, pemaknaannya juga merujuk pada sesuatu yang lain di luar struktur yang ada pada teks itu sendiri. pengarang, kali pertama, terikat oleh bahasa. bahasa yang telah memiliki makna itulah yang diolahnya menjadi karya kreatif sehingga makna bahasa dalam teks sastra cenderung berbeda dengan makna di luar teks. itulah sebabnya, upaya pemahaman terhadap teks sastra juga cenderung beragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar